Mengotomasi Komputer dengan Batch Files

Mengotomasi Komputer dengan Batch Files – Jika Anda sudah familiar dengan MS-DOS sama sekali, Anda akan ingat bahwa ini adalah sistem operasi berbasis perintah yang menjalankan fungsi yang dikeluarkan pada prompt C:>. Satu-satunya cara untuk mendapatkan komputer MS-DOS untuk melakukan sesuatu adalah dengan mengetikkan perintah pada prompt ini dan jika Anda dapat membayangkannya, itu adalah cara yang agak rumit untuk menggunakan komputer.

Sebagai contoh, untuk memuat program pengeditan sederhana Microsoft, Anda harus mengetikkan nama drive yang menjadi programnya, direktori tempat program berada, dan kemudian nama programnya. Jadi jika Microsoft Edit berada di direktori atau folder bernama “Process,” Anda bisa memulai program dengan mengetik, “C:> process \ edit.com” Kemudian, dan baru kemudian program akan dimuat untuk digunakan.

otomatisasi komputer

Ini adalah perintah kecil, tapi bayangkan saja jika Anda memiliki program yang sangat bersarang dalam serangkaian folder. Anda bisa akhirnya mengetikkan perintah selebar layar komputer Anda atau lebih buruk lagi, cukup lama sehingga seluruh perintah harus membungkus baris berikutnya! Sekarang bayangkan harus mengetikkan perintah panjang ini setiap kali Anda ingin memulai sebuah program.

Baca juga tentang perangkat lunak yang murah dan cepat

Itulah salah satu alasan mengapa file batch menjadi sangat populer. File batch adalah dokumen berbasis teks kecil yang berisi banyak perintah ini pada baris mereka sendiri. Saat dieksekusi, mereka akan memproses setiap perintah tanpa pengguna harus mengetik masing-masing dan setiapnya.

Ketika Windows dikembangkan, kebutuhan untuk mengetik perintah pada dasarnya diberantas berkat pengenalan antarmuka point-and-click (mouse). Tapi ini tidak menghentikan demam batch file yang dimulai di bawah MS-DOS – dan di beberapa kalangan kecil, file batch masih begitu populer

Seperti pada awalnya. Meskipun Anda mungkin menggunakan Windows XP atau Vista, file batch dapat menghemat banyak waktu dengan secara otomatis memulai banyak program dan melakukan tugas yang berbeda pada satu klik tombol. Mereka tidak memerlukan latar belakang pemrograman yang ekstensif dan tidak perlu dienkripsi dengan kompiler yang aneh dan mahal.

File batch adalah file teks biasa, dan Anda dapat membangunnya untuk keperluan pribadi Anda dengan Windows ‘Notepad.Anda bisa membuat file batch yang memuat situs web favorit Anda sekaligus misalnya, atau Anda bisa membuat file batch yang mengisi desktop Anda. Dengan aplikasi yang paling penting untuk hari ini.

Lihat juga mengenal bahasa pemrograman komputer

Untuk melakukannya hanya membutuhkan sedikit pengetahuan tentang lokasi aplikasi ini. Mari kita mengatakan bahwa setiap hari kita perlu memuat web browser Yahoo, Microsoft Word, lalu kalkulator yang disertakan dengan Windows. Alih-alih melakukan ini dengan tangan, kita bisa menulis file batch untuk melakukannya untuk kita. Ini akan menjalankan ketiga program seperti sebelumnya, namun parameternya akan meminimalkannya sehingga tidak mengacaukan desktop. Orang lain telah menemukan banyak hal.

Cara yang lebih kreatif dan efektif untuk menggunakan file batch, tapi yang penting adalah Anda tahu itu sumber daya yang dapat Anda gunakan untuk menghemat beberapa detik atau menit dalam melakukan tugas penting. Kami telah menempuh perjalanan jauh dari MS-DOS, tapi ini masih merupakan sumber otomasi yang berharga yang dapat digunakan siapapun tanpa pengetahuan pemrograman sama sekali.

Add Comment